PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BULUKUMBA

  • Nurlaelah Nurlaelah SMA Negeri 9 Bulukumba
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas SMA Negeri 9 Bulukumba dan untuk mengetahui Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Bulukumba Mattoanging Kabupaten Sinjai dapat meningkat melalui penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilalksanakan di SMA Negeri 9 Bulukumba. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Bulukumba yang berjumlah sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Dalam penelitian tindakan kelas ini, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument: 1) Wawancara; 2) Obeservasi/ pengamatan; 3) Dokumentasi; 4) Tes. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari indicator keberhasilan proses dan indikator keberhasilan hasil. Indikator proses adalah penelitian ini dikatakan berhasil jika 70 persen atau lebih, dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan kategori baik (B). Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dalam penelitian tindakan kelas (PTK) terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) yang dilaksanakan dua siklus, maka peneliti memperoleh kesimpulan, bahwa dengan menerapkan pembelajaran koperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa di kelas X SMA Negeri 9 Bulukumba.

References

Agus Suprijono. (2009). Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya: Bandung

Huda, Miftahul. (2013). Cooperative LearningTeknik, Struktur, dan Model Penerapan. Pustaka Pelajar: Yokyakarta.

Isjoni. (2012). Cooperatif Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Alfabeta: Bandung

Jupri. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay–Two Stray (Ts-Ts) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Segi Empat Kelas VII C Mts Taqwal Ilah Tembalang. Skripsi. Bahasa Inggris. Semarang: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Lipu dan Tirtaraharja. (2010). Pengantar Pendidikan. UNM: Makassar

Khalik,Abdul. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Pare-pare: FIP UNM

Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Purwanto. (2008). Evaluasi hasil belajar. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Rajawali Pers: Jakarta.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rosda: Bandung.

Suyono dan Haryanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep. Rosda: Surabaya

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Rajawali Pers: Bandung

Trianto. (2009). Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif.Surabawa: Kencana

Yudhistira, Dadang. (2013). Menulis penelitian Tidakan Kelas Yang Apik. Grasindo: Jakarta

Published
2019-04-11
How to Cite
Nurlaelah, N. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BULUKUMBA. KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 1(1), 81-99. Retrieved from http://www.journalfkipuniversitasbosowa.org/index.php/klasikal/article/view/14