PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS TERHADAP PENGENALAN LAMBANG BILANGAN ROMAWI PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN MAROS

Authors

  • Fathimah Az.Zahra Nasiruudin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa Makassar

DOI:

https://doi.org/10.52208/klasikal.v1i3.40

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Talking Chips, Bilangan Romawi

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips  Terhadap Pengenalan Lambang Bilangan Romawi Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Maros, Fathimah Az.zahra Nasiruddin, Universitas Bosowa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap pengenalan lambang bilangan romawi pada siswa sekolah dasar di Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian one-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunkan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap pengenalan lambang bilangan romawi pada siswa sekolah dasar di Kabupaten Maros, dibuktikan dengan hasil analisis statistik deskriptif yang menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat dilihat dari nilai rata-rata posttest sebesar 72,53 serta pada hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukan keantusiasan, keaktifan dalam bertanya dan menjawab, ketertarikan terhadap model pembelajaran, serta sikap siswa ketika belajar yang termasuk baik. Berdasarkan analisis statistik inferensial diperoleh hasil uji “t” yang menunjukan nilai  sebesar 9,78 lebih besar dari  sebesar 2,064 pada taraf signifikasi 0,05 sehingga Hipotesis alternatif ) yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap pengenalan lambang bilangan romawi pada siswa sekolah dasar di Kabupaten Maros.

References

Ali, Mohammad.(1993).Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung:Angkasa.

Arends.(2013).Model Pembelajaran. (Online). Diglib.unila.ac.id. Diakses 12 Maret 2019.

Asdam, Muhhammad. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Makassar:LIPa.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Hayati, Tuti. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Chips kelas III MIS Tarbiyatul Falah Kaunggading Pamijahan Bogor. Bogor: Universitas Islam Negeri. Skripsi.(Online). Repository.uinjkt.ac.id. Di akses 10 Maret 2013.

Huda, Mifathul. (2011). Cooperative Learning. Celeban Timur : Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning: Efektivitas pembelajaran kelompok. Bandung: Alfabeta.

Iskandarwassid. Sunendar, Dadang. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa Bandung Rosda.

Jihad dan Haris, (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta: Multi Pressindo.

Lie, Anita. (2008). Cooperative Learning. Jakarta : Kencana.

Nasiruudin, F. A. Z., & Hayati, H. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Makassar. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 1(2), 23-31.

Muldayanti. (2013). Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT Ditinjau Dari Keingintahuan Dan Minat Belajar Siswa; Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.

M. Thobroni. (2017). Belajar & pembelajaran. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Oktaviana, R. (2014). Implementattion Of Coperative Learning with Talking Chips Technique.On Solids Material. Proce Of International Conference On Research; (Online). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.

Rusman, (2013). Belajar dan Pembelaaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A.M. (2004). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. (2014).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sari, Indah Komala. (2011). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking chips pada mata Pelajaran IPA Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Miftahussudur Cibuntu Ciampea Bogor. Bogor: Universitas Islam Negeri. Skripsi. (Online). Repository.uinjkt.ac.id. Di akses 10 Maret 2013.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. (2017). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta; Ar-Ruzz Media.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi PIKEM Jogjakarta:Pustaka Belajar.

Trianto, (2015). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu Waliman, Lim.2007.Problematika Pendidikan Dasar.Bandung:SPs-Upi

Zulfikar. (2016). Pengantar pasar Modal dengan pendekatan statistik. Yogjakarta; Budiu

Published

2019-12-13

How to Cite

Nasiruudin, F. A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS TERHADAP PENGENALAN LAMBANG BILANGAN ROMAWI PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN MAROS. KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 1(3), 21–29. https://doi.org/10.52208/klasikal.v1i3.40