PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI LATIHAN MENYELESAIKAN SOAL SECARA SISTEMATIS PADA SISWA KELAS XI. IPA1 SMA NEGERI 2 SUNGGUMINASA

  • Jainuddin Jainuddin Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa Makassar
Keywords: Meningkatkan, Matemaika, Latihan, Soal, Sistematis

Abstract

Keaktifan siswa mengikuti pelajaran matematika biasanya sangat kurang, karena matematika dianggap sebagai pelajaran yang sangat menakutkan bagi sebagaian siswa. Semua diperparah oleh strategi pembelajan yang dibawakan guru. Pembelajaran yang dibawakan guru pada umumnya masih berpusat pada guru tidak pada siswa. Bisanya hasil akhir atau hasil belajar dari siswa tidak sesuai dengan harapan. Berbagai masalah di atas, peneliti melakukan riset dengan tujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Sungguminasa dengan jumlah siswa 41 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket respon siswa, dan tes hasil belajar yang diberikan pada setiap akhir siklus. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Sungguminasa. Ini dapat dilihat dari skor rata-rata hasil belajar matematika siswa yang pada siklus I sebesar 59,39. Pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 83,93. Data hasil observasi di setiap siklusnya menunjukkan adanya perubahan sikap siswa ke arah yang lebih positif, baik dari segi sikap dalam belajar, keaktifan, maupun kedisiplinan.

References

Amri, Sofan dan Ahmadi, Iif Khoiru. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.

Dewi, S. K., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2014). Penerapan model polya untuk meningkatkan hasil belajar dalam memecahkan soal cerita matematika siswa kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Fadlillah, H. N. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Saintifik, 1(1).

Krismanto, A. (2003). Beberapa teknik, model, dan strategi dalam pembelajaran matematika. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yokyakarta: Multi Presindo.

Muhibbin, A., & Fathoni, A. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Menggunakan Lembar Kerja Siswa Pada Siswa Kelas VII:(Studi Situs di SMP Terbuka Wonosegoro Kabupaten Boyolali Semester Gasal dengan Rancangan Etnografi Pendidikan).

Nasiruudin, F. A. Z., & Hayati, H. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Makassar. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching And Science, 1(2), 23-31.

Paradiyanti, Leny. (2008). Penyelesaian Soal Secara Sistematis dengan Menggunakan pendekatan Ekspositori. http://www.scribd.com/doc/17826828/skripsi-Pendidikan-Matematika Diakses Pada Tanggal 18 September 2011.

Pribadi, Benny A. (2009). Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Rendika, E. P. (2013). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Make A Match (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMPN egeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. PT Bumi Aksara, Jawa Timur.

Utomo, T., & Ruijter, K. (1991). Peningkatan dan pengembangan pendidikan: manajemen perkuliahan dan metoda perbaikan pendidikan. PT Gramedia Pustaka Utama.

Published
2019-12-13
How to Cite
Jainuddin, J. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI LATIHAN MENYELESAIKAN SOAL SECARA SISTEMATIS PADA SISWA KELAS XI. IPA1 SMA NEGERI 2 SUNGGUMINASA. KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 1(3), 44-52. https://doi.org/10.0906/klasikal.v1i3.42