Hubungan Kepribadain Manusia Menurut Hippocrates dengan Adversity Quotient Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Negeri 18 Makassar

Penulis

  • Vivi Alfani Universitas Bosowa
  • Muhammad Yunus Universitas Bosowa
  • Fathimah Az-Zahra Nasiruddin Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.52208/embrio.v7i2.415

Kata Kunci:

Kepribadian Hippocrates, Adversity Quotient, Pemecahan Masalah Matematik

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Adversity Quotient siswa dalam pemecahan masalah matematika di SMA Negeri 18 Makassar, untuk mengetahui kepribadian siswa menurut Hippocrates dalam pemecahan masalah matematika di SMA Negeri 18 Makassar, serta untuk mengetahui hubungan kepribadian manusia menurut Hippocrates dengan Adversity Quotient siswa dalam pemecahan masalah matematika di SMA Negeri 18 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 18 Makassar sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data untuk kepribadian Hippocrates menggunakan angket dan untuk Adversity Quotient menggunakan soal tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment pearson. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) kepribadian  menurut Hippocrates dalam pemecahan masalah matematika siswa, siswa dapat menyelesaikan semua soal, (2) pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan Adversity Quotient menyelesaikan soal berdasarkan kriteria quitters, campers, dan climbers (3) dalam pemecahan masalah matematika, tidak terdapat hubungan antara kepribadian koleris dengan Adversity Quotient tipe quitters dan campers, kepribadian melankolis dengan Adversity Quotient tipe quitters dan campers, kepribadian sanguinis dengan Adversity Quotient tipe quitters dan climbers, kepribadian plegmatis dengan Adversity Quotient tipe campers dan climbers.  Selanjutnya, terdapat hubungan yang rendah antara kepribadian koleris dengan Adversity Quotient tipe climbers, kepribadian melankolis dengan Adversity Quotient tipe climbers, kepribadian sanguinis dengan  Adversity Quotient tipe campers, dan kepribadian plegmatis dengan  Adversity Quotient tipe quitters.

Referensi

Fatmawati, I., & Khabibah, S. (2018). Profil Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 21–29. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429

Hamida, N. (2018). Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus. Skripsi.

Mayasari, D., Utomo, D. P., & Cholily, Y. M. (2019). Analisis Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Hipocrates. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 34–39. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Nilamsari, D. M., & Fitriyani, H. (2021). Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah Geometri ditinjau dari Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus. 11.

Pamungkas, D. Y., & Siswanto, R. D. (2021). Identifikasi Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus dan Gender. 05(03), 2324–2343.

Purwanti, P., & Munandar, D. R. (2020). Analisis Tingkat Adversity Quotient ( AQ ) Siswa SMA Pada Pembelajaran Matematika Melalui Problem Based Learning ( PBL ). 1033–1044.

Suryani, M., Heriyanti, L., & Artia, T. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. 9, 119–130.

Yunus, M., Mukhtar, I., & Jamaluddin, J. (2021). Pengembangan Aplikasi Responsible App Berbasis E-Learning Sebagai Penunjang Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. 6(2), 12-23.

Zahra, F. A., & Basri, S. (2017). Penerapan Metode Bermain Dende-Dende Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Geometri Siswa SD di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 17(2), 662-669.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-14

Cara Mengutip

Alfani, V., Yunus, M., & Nasiruddin, F. A.-Z. (2023). Hubungan Kepribadain Manusia Menurut Hippocrates dengan Adversity Quotient Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Negeri 18 Makassar. EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 7(2), 248–258. https://doi.org/10.52208/embrio.v7i2.415