Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar

Penulis

  • Gabriel Dammen Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas IImu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa
  • Burhan Burhan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa
  • Ifa Safira Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.52208/embrio.v7i2.805

Kata Kunci:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstrak

Gabriel Dammen. 2023. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Iimu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa. Dibimbing oleh Dr. Burhan, S.Pd.,M.Pd. dan Dr. Ifa Safira, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transfrormasional kepala sekolah terhadap kinerja guru di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini semua kinerja guru sebanyak 17 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi yang dianalisis dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru sebesar 20,9% . Dengan faktor indikator yang mempengaruhi kepemimpinan transformasional kepala sekolah yakni pengaruh ideal, motivasi insiprasi, stimulasi intelektual dan pertimbangan individual.

Referensi

Budiwibowo, S. (2016). Pengaruh gaya kepemimpinan transaksional, transformasional dan disiplin kerja terhadap kinerja guru (karyawan) di kota Madiun. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(02).

Eka, P. (2011). Teori Administrasi Pendidikan (Alfabeta (ed.); 1 st ed). Alfabeta.

Inayatillah, S. (2016). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru di ma miftahul huda dan ma fathan mubina. Tadbir Muwahhid, 5(1).

Laila, Ilma Rahmatul (2021). Pengaruh kepemimpinan tranformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam pembelajaran di SMA Negeri 1 Kota Tanggerang Selatan. BS thesis.

Jaya, W. S. (2022). Kinerja guru ditinjau dari gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1286-1294.

Maris, I. S., Komariah, A., & Bakar, A. (2016). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kinerja guru dan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2).

Prim Masrokan Mutohar, M. P. (2013). Peer Reviuw Buku Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan lslam.

Rustamaji, A. C. P., Purwana, D., & Yohana, C. (2017). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kinerja Guru SMK Swasta di Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(2), 148-161.

Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi (learning organization) (CV. Alfabeta. (ed); 3 rd ed). CV.Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-25

Cara Mengutip

Dammen, G., Burhan, B., & Safira, I. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 7(2), 331–339. https://doi.org/10.52208/embrio.v7i2.805