Pengaruh Keaktifan Kegiatan Pramuka Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar

Penulis

  • Constantia Ferini Pasudi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa
  • Susalti Nur Arsyad Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa
  • Andi Irwandi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.52208/embrio.v7i2.815

Kata Kunci:

Keaktifan Pramuka, Sikap Nasionalisme

Abstrak

Constantia Ferini Pasudi. 2023. Pengaruh Keaktifan Kegiatan Pramuka Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Unniversitas Bosowa. Dibimbing oleh Susalti Nur Arsyad dan Andi Irwandi.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keaktifan kegiatan pramuka terhadap sikap nasionalisme siswa di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah regresi linear sederhana dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah semua anggota pramuka yang aktif sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi yang dianalisis dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pramuka berpengaruh positif terhadap sikap nasionalisme siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh nilai thitung kurang dari ttabel sehinnga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara keaktifan kegiatan pramuka terhadap sikap nasionalisme siswa. Semakin siswa berperan aktif dalam kegiatan pramuka, maka sikap nasionalismenya pun semakin baik. Tetapi sikap nasionalisme juga dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal diantaranya lingkungan kelas peran orang tua, lingkungan masyarakat, serta kesadaran dari dalam siswa itu sendiri.

Kata Kunci: Keaktifan Pramuka, Sikap Nasionalisme

Referensi

Amin, Z. A. (2018). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Sikap Nasionalisme Anggota Pramuka Penggalang

APRANDI, H. PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI.

Nurul, I. (2023). INTERNALISASI KARAKTER DISIPLIN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI MI AL-IRSYAD AL-ISLAMIYAH DUKUHWRINGIN, SLAWI, TEGAL (Doctoral dissertation, UIN Prof. K. H Saifudin Zuhri).

Suadah, D. (2022). Peran Kegiatan Pramuka dalam Menumbuhkembangkan Karakter Mandiri dan Nasionalisme di MA An-Nur Bululawang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka. Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Jakarta, Tahun 2014.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-25

Cara Mengutip

Pasudi, C. F., Arsyad, S. N., & Irwandi, A. (2022). Pengaruh Keaktifan Kegiatan Pramuka Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 7(2), 375–384. https://doi.org/10.52208/embrio.v7i2.815