ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI MAKASSAR

(Studi Kasus Siswa Kelas V SDN Inpres Panaikang II/1 Makassar)

Authors

  • Fathimah Az.Zahra Nasiruudin Universitas Bosowa
  • Hayati Hayati Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.52208/klasikal.v1i2.31

Keywords:

Kesulitan, Operasi Hitung, Pecahan.

Abstract

Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar, Fathimah Az.zahra Nasiruddin, Universitas Bosowa.  Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SD Inpres Panaikang II/1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Panaikang II/1 Makassar yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes kemampuan menyelesaikan soal operasi hitung pecahan, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ini adalah 1. kesulitan yang dialami siswa  dalam mengerjakan soal operasi hitung pecahan yaitu a. Siswa kesulitan atau lemah dalam melakukan perhitungan, pengurangan, perkalian dan pembagian. b. Siswa kesulitan dalam memahami konsep operasi hitung pecahan. c. Siswa kesulitan dalam membedakan penyebut dan pembilang. 2.Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar yaitu : a. Guru mengajar terlalu cepat. b. Suasana kelas tidak kondusif. c. Teman pergaulan yang tidak mendukung. d. Siswa tidak menyukai matematika. e. Siswa malas belajar.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Dengan Jenis

Pendekatan Studi Kasus. (online). https://penalaran-unm.org/metode-penelitian-kualitatif-dengan-jenis-pendekatan-studi-kasus/. Diakses pada tanggal 15 Maret 2019.

Roebyanto, Goenawan dan Harmini, Sri. 2017. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soenarjo, R. J. 2008. Matematika 5: untuk SD/MI kelas 5. Jakarta: Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D). Bandung: ALFABETA.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri

Published

2019-12-01

How to Cite

Nasiruudin, F. A., & Hayati, H. (2019). ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI MAKASSAR: (Studi Kasus Siswa Kelas V SDN Inpres Panaikang II/1 Makassar). KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 1(2), 23–31. https://doi.org/10.52208/klasikal.v1i2.31