EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA TERHADAP POLA GEOMETRI PADA RUMAH ADAT TONGKONAN DI TORAJA

Authors

  • Jainuddin Jainuddin Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa
  • Tismi Dipalaya Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan Universitas Bosowa, Indonesia
  • Elsiana Tappi Mangampang Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan Universitas Bosowa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.328

Keywords:

Geometry, Tongkonan Traditional House, Exploration, Ethnomathematics, Toraja

Abstract

Geometri merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara titik-titik, garis- garis, dan bidang-bidang serta bangun datar dan bangun ruang. Dalam penerapan matematika geometri sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan matematika khususnya geometri dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak sekali. Peranan geometri yang bisa digunakan yaitu pada pembuatan rumah. Dalam perkembanganya, rumah sebagai tempat berlindung dan memiliki beragam bentuk, ukuran dan desain. Salah satunya adalah rumah panggung yang mempunyai sejumlah kelebihan, di antaranya sebagai anti banjir, aman terhadap binatang buas, halaman lebih luas, tahan gempa, kesan tradisional yang kuat, bentuknya unik, dan interior lebih sejuk. Salah satu peranan geometri pada rumah panggung yaitu rumah adat Toraja atau biasa disebut Tongkonan.    Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil eksplorasi    dan peran etnomatematika terhadap pola geometri pada rumah adat tongkonan di Toraja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi dengan pengambilan data berupa observasi, wawancara, catatan lapangan serta dokumentasi.

References

Ansaar, A. (2018). Makna Simbolik Pakaian Adat Mamasa Di Sulawesi Barat. Pangadereng: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 121-135.

Ascher, M. & Ascher, R. (1986). Ethnomathematics: History of Science 14, 125144.

Budiarto, M. T. (2016). Etno-Matematika: Sebagai Batu Pijakan Untuk Pembelajaran Matematika.

Elan, E., Muiz L, D. A., & Feranis, F. (2017). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 66–75.

Erra, E. T. (2016) Kajian Etnomatematika Pada Rumah Adat Tongkonan Di Toraja, Sulawesi Selatan Dan Penggunaan Konteks Rumah Adat Tongkonan Untuk Membelajarkan Materi Perbandingan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama.

Jainuddin, J., Silalong, E. S., & Syamsuddin, A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Ukiran Toraja. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).

James and James, Van. 1976. Mathematic Dictionary. Nostrand Rienhold.

Lebang, Y. A. P. (2015). Analisis Semiotika Simbol Kekuasaan Pada Rumah Adat Toraja (Tongkonan Layuk). E-Journal Ilmu Komunikasi, 3(4), 158-172.

Lembang, S. T., & Ba’ru, Y. GEOMETRIC TRANSFORMATION ON CARVINGS OF TORAJA TONGKONAN HOUSES. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 9(2), 233- 241.

Mangolo, Y., Kristanto, K., & Tandirerung, W. Y. (2018). Ukiran Toraja dan Makna Teologisnya. Prosiding Semkaristek, 1(1), 168-174. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp. 1-9).

Nasiruddin, F. A. Z., & Silalong, E. S. (2021). Eksplorasi etnomatematika terhadap pola barisan dan deret aritmatika pada motif kandaure di Toraja. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5, 150-156.

Rosita, S. M. (2019). Etnomatematika Pada Rumah Adat Osing Banyuwangi Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika (Doctoral dissertation, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN).

Sir, M. M. (2015). Pengetahuan Tektonika Arsitektur Tongkonan. In Seminar Nasional dan Lokakarya Nasional Pemahaman Sejarah Arsitektur (LNPSA) XI.

Published

2022-12-15

How to Cite

Jainuddin, J., Dipalaya, T., & Mangampang, E. T. . (2022). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA TERHADAP POLA GEOMETRI PADA RUMAH ADAT TONGKONAN DI TORAJA. KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 4(3), 627–640. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.328

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.