ALIH KODE DAN CAMPUR KODE BAHASA MAKASSAR DI DESA TODDOPULIA KEC. TANRALILI KAB. MAROS

Authors

  • Riska Riska Universitas Negri Makassar
  • Aswati Asri
  • Johar Amir

DOI:

https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i2.223

Keywords:

Sociolinguistics, code switching and code mixing.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang wujud penggunaan alih kode dan campur kode bahasa remaja. Kajian sosiolinguistik bertujuan untuk memperoleh pengetahuan mengenai bentuk alih kode dan campur kode dalam komunikasi antara remaja dengan remaja lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif adalah metode yang digunakan untuk memperoleh hasil secara jelas yang bersifat deskriptif yaitu, mengumpulkan, mengelola, mereduksi, menganalisis data dan menyajikan dengan secara objektif. Metodfe pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik catat, yaitu mencatat segala bentuk percakapan yanag diujarkan olah para remaja. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah ditemukan bentuk alih kode  dari bahasa makassar kebahasa indonesia, serta diremukan beberapa faktor yang melatar belakangi terjadinya alih kode dan campur kode yaitu karena ingin menyesuaikan dengan mitra tutur, mengabrabkan diri dengan mitra tutur.

References

DARMITA, D. (2017). Pergeseran Bahasa dalam Komunikasi Masyarakat Kampung Bande Desa Gentung Kabupaten pangkep. FBS.

Hartarini, Y. M. (2012). Pemertahanan Logat Bahasa Ibu di Wilayah Kota Kendal.

Latif, S. (2016). Pengaruh mobilitas sosial terhadap perubahan bahasa. EdukasI, 14(1).

Nur, Y. (2017). Karakteristik Bahasa Anak di Masyarakat Multietnik pada Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Palu (Characteristics Of Children Language In Multiethnic Society On Early Childhood Education Programs In Palu City). Asian Journal Of Environment, History and Heritage, 1(1).

Pakpahan, A. F., Prasetio, A., Negara, E. S., Gurning, K., Situmorang, R. F. R.,

Tasnim, T., Sipayung, P. D., Sesilia, A. P., Rahayu, P. P., & Purba, B. (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah. Yayasan Kita Menulis.

Pradita, L. E., & Jayanti, R. (2021). Berbahasa Produktif melalui Keterampilan Berbicara: Teori dan Aplikasi. Penerbit NEM.

Priyono, S. D. (2004). Penggunaan bahasa jawa oleh kernet bus kota Surakarta (studi kasus masyarakat tutur bahasa jawa di Surakarta).

Rabiah, S. (2018). Revitalisasi Bahasa Daerah Makassar melalui Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Makassar sebagai Muatan Lokal.

Saragih, E. L. L. (2018). Sikap dan Pemilihan Bahasa Siswa Multikultural. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 6(2), 54–64.

Suriati, N. L. (2017). Penggunaan Pngka dalam Pembentukan Kata Bahasa Tulisan dan Plat Kendaraan. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 109–120.

Ulandari, N. (2019). Analisis Pergeseran Bahasa dalam Komunikasi Masyarakat Kampung Desa Maruala Kabupaten Barru. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah ….

Waluya, B. (2007). Sosiologi: Menyelami fenomena sosial di masyarakat. PT Grafindo Media Pratama.

Published

2022-08-17

How to Cite

Riska, R., Asri, A. ., & Amir, J. (2022). ALIH KODE DAN CAMPUR KODE BAHASA MAKASSAR DI DESA TODDOPULIA KEC. TANRALILI KAB. MAROS. KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 4(2), 232–238. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i2.223