IMPLEMENTASI DIGITAL CONTENT ASSISTED LANGUAGE LEARNING DALAM PENGEMBANGAN MATERI AJAR BERBASIS WEB BASED BAGI SISWA SMA DI KAB. TANAH TORAJA

Authors

  • Rigel Sampelolo English Education Department, UKI Toraja
  • Andi Hamzah Fansury Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa, Makassar, Indonesia
  • Sri Khaerani Rahman Mandarin for Business Communication and Profesional, Universitas Bosowa Makassar

DOI:

https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.547

Keywords:

Digital Content Assisted Language Learning, Materi Ajar, Web Based

Abstract

Perkembangan teknologi merupakan salah satu faktor yang ikut serta mempengaruhi perilaku peserta didik dalam belajar. Dalam Penelitian ini, penulis mencoba untuk membuat media pembelajaran yang menarik bagi siswa dan bisa digunakan tidak hanya pada jam pelajaran tetapi dimanapun dan kapanpun mereka dapat mengaksesmya. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu Website. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Model Pembelajaran berbasis Digital Content (Digital Content Assisted Language Learning) dalam pengembangan media pembelajaran berbasis website. Penelitian ini menggunakan Research and Development dengan menggunakan ADDIE Model. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah siswa SMA di Kabupaten Tanah Toraja pada tahun ajaran 2021/2022. Prosedur pengembangan dibagi dalam lima tahap yaitu 1) Tahap analisis berupa studi pustaka dan studi lapangan dan Analisis kebutuhan, 2) Tahap desain, 3) Tahap pengembangan, 4) Tahap implementasi dan 5) Tahap Evaluasi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi dan angket yang dianalisa secara deskriptif dan statistik inferensial melalui program SPSS versi 22 untuk Windows. Hasil penelitian ini guru dapat menerapkan atau menggunakan media pembelajaran yang sesuai perkembangan zaman yaitu berbasis website yang dapat diakses oleh siswa bukan hanya dikelas melaikan dimana saja dan kapan saja. Dengan adanya Media pembelajaran berbasis website tersebut diiharapkan budaya literasi mahasiswa juga dapat meningkat

References

Fansury, A. H., Agreani, A. V., & Lutfin, N. (2018). Web-based learning model using Hot Potatoes applications to increase language student achievement. PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 4(2), 1546-1553.

Fansury, A. H., Januarty, R., & Ali Wira Rahman, S. (2020). Digital content for millennial generations: Teaching the English foreign language learner on COVID-19 pandemic. Journal of Southwest Jiaotong University, 55(3).

Fansury, A. H., Rahman, M. A., & Jabu, B. (2021). Developing Mobile English Application As Teaching Media: Pengembangan Aplikasi Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran. Deepublish.

Jolliffe, A., Ritter, J., & Stevens, D. (2012). The online learning handbook: Developing and using web-based learning. Routledge.

Lutfin, N., & Fansury, A. H. (2020). The Implementation Of Students Facilitator And Explaining Model Through Video Blog (Vlog) To Enhance Speaking Skill.

McKimm, J., Jollie, C., & Cantillon, P. (2003). Web based learning. Bmj, 326(7394), 870-873.

Firmansyah, R., & Saidah, I. (2016). Perancangan web based learning sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Jurnal Informatika, 3(2).

Sari, H. V., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan media pembelajaran Berbasis Web Untuk mengukur hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Komputer Jaringan Dasar program Keahlian teknik komputer dan jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 1008-1016.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta

Published

2022-12-15

How to Cite

Sampelolo, R., Fansury, A. H., & Rahman, S. K. (2022). IMPLEMENTASI DIGITAL CONTENT ASSISTED LANGUAGE LEARNING DALAM PENGEMBANGAN MATERI AJAR BERBASIS WEB BASED BAGI SISWA SMA DI KAB. TANAH TORAJA. KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 4(3), 768–775. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.547

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>